Pengertian Teks Berita, Ciri – Ciri dan Tujuan Teks Berita

Kita mengenal adanya teks berita dalam pelajaran bahasa Indonesia. Teks berita merupakan salah satu jenis teks yang dekat dengan kehidupan kita sehari –hari. Untuk itu, kita akan mempelejarai mengenai pengertian teks berita, ciri ciri teks berita dan tujuan teks berita.

Pengertian Teks Berita

Pengertian teks berita dapat dipahami sebagai suatu peristiwa atau kejadian yang bersifat aktual atau terkini. Peristiwa ini dapat disebut sebagai berita, apabila sudah dilaporkan dan disiarkan. Tanpa adanya laporan dan penyiaran, maka suatu kejadian di lapangan tidak dapat disebut sebagai berita.

Unsur unsur berita

Di dalam berita, terdapat beberapa unsur – unsur yang harus diperhatikan. Adapun unsur –unsur berita, meliputi : what atau apa, who atau siapa, where atau di mana,when atau kapan, why atau mengapa, dan how atau bagaimana.

Keenam unsur berita tersebut umumnya berada di awal suatu pemberitaan. Lalu, teks tersebut dilengkapi lagi dengan pokok pemberitaan yang isinya mengenai pemaparan klimaks kejadian perkara yang disajikan secara ringkas, lengkap, dan jelas.

Teks berita juga sering dinamakan sebagai news item. Teks berita merupakan jenis teks yang biasa diambil dari media massa, seperti majalah, koran, atau internet. Teks berita yang disajikan di media massa ini memberikan info atau berita kepada masyarakat mengenai kejadian – kejadian yang sedang dialami atau kejadian – kejadian terbaru yang penting untuk diketahui khalayak ramai.

Jadi, selain memuat tentang berita, teks berita ini juga memberitakan hal – hal yang layak diberi tahukan pada khalayak umum. Biasanya, di dalam paragraf berisi teks berita, tercantum juga nama kota atau nama negara tempat kejadian berlangsung, serta nama media massa yang diliput. Pencantuman ini biasanya terletak di bagian awal teks berita.

Simak juga: Pengertian, Proses, Tujuan, dan Prinsip Negosiasi

Ciri – ciri Teks Berita

Adapun ciri ciri teks berita, yakni :

A.) Menggunakan sistematika khusus teks berita. Teks berita ditinjau dari sistematika penulisannya, dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Newsworthy events. adalah bagian dari sistematika yang menunjukkan kejadian inti. Bagian ini adalah bagian paling penting dalam teks berita. Bagian ini juga dapat disebut sebagai lead.
  2. Background events. dalah bagian sistematika penulisan teks berita yang memuat latar belakang kejadian, individu – individu yang terlibat, tempat dan waktu kejadian terjadi, serta keterangan – keterangan lain yang dinilai relevan dengan teks berita yang diberitakan.
  3. Sources. adalah bagian sistematika penulisan teks berita yang berisi komentar dari saksi kejadian perkara, serta berisi pula mengenai pendapat yang disampaikan para ahli terhadap kejadian yang dihadapi.

B.) Bahasa yang digunakan dalam teks berita, meliputi kata kerja dan kata keterangan.

C.) Memberikan berita pada pembaca, pendengar maupun penonton mengenai peristiwa – peristiwa atau kejadian – kejadian yang dianggap penting dan layak disampaikan pada khalayak ramai.

D.) Informasi singkat dan dapat dituangkan dalam sebuah headline.

Tujuan Teks Berita

Tujuan teks berita adalah sebagai penyampai pesan komunikatif, yang berarti untuk memberikan berita kepada pembaca, penonton, dan pendengar, mengenai suatu kejadian yang pantas, penting, dan layak untuk diberitakan kepada khalayak umum.

Jelas bukan pemaparan mengenai teks berita ini? Kita sudah membahas tentang Pengertian Teks Berita, Ciri – Ciri teks berita dan Tujuan Teks Berita. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.porosilmu.com/2016/01/teks-berita.html
https://portal-ilmu.com/teks-berita/
© 2017 MTB - Template Created by goomsite