Contoh Teks Deskripsi tentang Alam Semesta

Apa yang ada dibenakmu ketika mendengar kata alam semesta? Suatu jagad raya yang luas, di mana kita ini berada. Di alam semesta ini kita melihat matahari, bulan, dan bintang. Berikut ini merupakan contoh teks deskripsi tentang matahari dan bintang.

Teks Deskripsi tentang Matahari

Matahari merupakan pusat dari tata surya. Semua komponen tata surya, seperti planet kecil, asteroid, komet, mengelilingi matahari. Bentuk matahari ini bulat dengan diameter 109 kali diameter bumi.

Massa matahari ini terdiri dari hidrogen dan helium, sisanya oksigen, besi, neon, dan lain-lain. Matahari ini memiliki suhu yang dapat dikatakan luar biasa panasnya. Panas inti matahari mencapai 15 juta derajat celcius. Di mana suhu permukaan matahari mencapai 5.726 derajat celcius.

Dengan panas yang mencapai 15 juta derajat celcius, menandakan bahwa matahari ini memiliki suhu 150 kali lipat lebih panas dibandingkan dengan air yang sedang mendidih. Jari-jari matahari ini kurang lebih 696 ribu kilometer.

Tekanan gravitasi yang dimiliki oleh matahari dapat dikatakan sangat tinggi. Ditambah dengan efek dari reaksi inti pada matahari juga dapat menghasilkan energi yang luar biasa besar. Pada akhirnya, energi ini dilepaskan ke angkasa dan dapat dirasakan sampai di bumi.

Energi yang berasal dari matahari ini yang dapat digunakan untuk mendukung kehidupan yang ada di bumi. Manusia dan tumbuh-tumbuhanlah yang menggunakan energi ini. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa matahari menjadi sumber energi yang paling penting bagi makhluk hidup di bumi.

Teks Deskripsi tentang Bintang

Pada malam hari, ketika kita melihat langit yang luas pasti akan nampak cahaya kelap-kelip dalam jumlah yang banyak. Tahukah kamu bahwa cahaya itu merupakan bintang. Bintang merupakan benda langit yang dapat memancarkan cahaya.

Bintang ini ada yang mampu menghasilkan cahaya sendiri, namun ada juga yang cahaya yang dipancarkan merupakan pantulan dari bintang lain. Bintang yang dapat menghasilkan cahaya sendiri ini dinamakan bintang nyata.

Sedangkan, bintang yang tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri, namun hanya berupa pantulan dari bintang lain dinamakan dengan bintang semu. Matahari juga merupakan salah satu jenis bintang yang jaraknya dekat dengan bumi.

Bintang yang jaraknya jauh dari bumi, hanya nampak seperti titik yang bersinar di langit. Walaupun bintang ini berada jauh dari bumi, namun keindahannya di malam hari memberikan pemandangan yang indah di langit.

Demikian penjelasan tentang contoh teks deskripsi tentang alam semesta. Selamat belajar dan sukses selalu.
© 2017 MTB - Template Created by goomsite