Pengertian Teks Eksemplum, Karakteristik, Struktur, dan Ciri – cirinya

Materi teks eksemplum adalah tema yang perlu dipahami dalam pelajaran bahasa Indonesia. Jadi, kali ini kita akan belajar mengenai pengertian teks eksemplum, karakteristik teks eksemplum, struktur teks eksemplum, dan ciri ciri teks eksemplum.

Pengertian Teks Eksemplum
Apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud teks eksemplum? Pengertian teks eksemplum adalah suatu  bacaan yang mempunyai sifat menjelaskan mengenai pengalaman hidup seorang manusia. 

Pengertian teks eksemplum lainnya juga dapat dipahami sebagai sebuah teks yang berisi atau bercerita mengenai seorang pelaku. Teks eksemplum biasa dijumpai, salah satunya pada cerita yang mendeskripsikan tentang nilai – nilai moral.

Pendapat lain mengenai pegnertian teks eksemplum adalah suatu bacaan yang menceritakan tentang pelaku atau tokoh. Pengenalan tokoh biasa dilakukan di bagian awal teks eksemplum, kemudian dilanjutkan dengan penyajian peristiwa atau kejadian yang di alami oleh si tokoh tersebut. 

Kemudian, ada penginterpretasian yang terletak di bagian akhir teks eksemplum. Interpretasi bertujuan untuk mengambil makna yang tersirat di dalam cerita yang dialami oleh si tokoh. 

Itu sebabnya, cerita yang termuat dalam teks eksemplum biasanya berisi tentang moral dan ini menjadi salah satu bagian dari teks eksemplum, yakni mengajarkan nilai – nilai tertentu kepada pembaca.

Simak juga: Pengertian Teks Editorial atau Opini, Struktur Teks, dan Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Karakteristik Teks Eksemplum
Karakteristik teks eksemplum sangat khas sehingga membuatnya berbeda dari jenis teks yang lain. Karakteristik teks eksemplum, yaitu sebagai berikut.
  1. Peristiwa yang diceritakan adalah kejadian yang tidak diinginkan.
  2. Peristiwa yang diceritakan adalah peristiwa yang tidak sering terjadi di dalam kehidupan nyata.
  3. Peristiwa yang diceritakan adalah kejadian yang menimbulkan penyesalan bagi partisipan.
  4. Peristiwa yang diceritakan di dalamnya mengandung nilai – nilai yang dapat disarankan untuk para pembaca atau pendengar.
  5. Bacaan dalam teks eksemplum, menghadirkan diri penulis dalam menginterpretasi dan koda.

Struktur Teks Eksemplum
Struktur teks eksemplum, terdiri dari :
  1. Pengantar, bagian ini adalah inti peristiwa yang dijadikan sebagai pengantar untuk menggambarkan peristiwa yang diceritakan.
  2. Pembuka, bagian ini adalah bagian pembukaan cerita atau menjadi bagian awal cerita.
  3. Peristiwa, bagian ini menceritakan kejadian atau peristiwa yang tidak diinginkan. Pada bagian ini, memuat tentang masalah maupun persoalan yang sedang dialami oleh tokoh.
  4. Makna, bagian ini adalah bagian teks eksemplum yang berisi makna atau pesan yang hendak disampaikan kepada pembaca mengenai peristiwa yang tidak diinginkan. Pada bagian ini, pesan yang disampaikan juga merupakan pesan moral atau evaluasi serta dapat berupa akibat yang ditimbulkan dari tindakan yang dilakukan tokoh.
  5. Penutup, adalah bagian teks eksemplum yang berhubungan dengan penutup sebuah cerita.

Ciri – ciri Teks Eksemplum
Ciri – ciri teks eksemplum, yaitu sebagai berikut.
  1. Peristiwa yang disampaikan, merupakan suatu peristiwa yang tidak diinginkan untuk terjadi.
  2. Struktur dalam cerita teks eksemplum bersifat lengkap, terdiri dari abstrak, orientasi, insiden, interpretasi, dan koda.
  3. Peristiwa yang disampaikan memiliki urutan yang jelas, sehingga mudah untuk dipahami.
  4. Bahasa yang digunakan sifatnya naratif atau menguraikan suatu peristiwa.
  5. Muncul perubahan perilaku yang dilakukan tokoh dalam cerita teks eksemplum. Perubahan tingkah laku ini dimaksudkan sebagai pesan moral pada pembaca untuk tidak melakukan suatu kesalahan yang sama.
  6. Unsur – unsur bahasa yang digunakan dalam teks eksemplum berupa kata kerja, menggunakan konjungsi, kata referensi, dan kalimat yang digunakan juga merupakan kalimat kompleks.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks eksemplum, karakteristik teks eksemplum, struktur teks eksemplum, dan ciri ciri teks eksemplum dalam artikel ini. Semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kawan –kawan.

Sumber:
https://portal-ilmu.com/teks-eksemplum/
© 2017 MTB - Template Created by goomsite