Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – ciri, dan Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sering kita temui dalam pembelajaran bahasa Indonesia sehingga penting bagi kita untuk mempelajarinya. Berikut ini akan dijelaskan pengertian teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi, serta struktur teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi

Menurut Kamus Mini Bahasa Indonesia, pengertian teks eksplanasi adalah penjelasan atau keterangan, atau merupakan teks yang dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan tentang fenomena tertentu ataupun kejadian. Umumnya, teks eksplanasi ditulis untuk menjawab suatu pertanyaan untuk kata tanya mengapa atau bagaimana. 

Teks eksplanasi biasanya sering digunakan dalam karya ilmiah. Biasanya, teks ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan tentang proses mengenai terciptanya sesuatu secara alamiah. Struktur teks ekspalanasi yaitu pernyataan umum, penjelasan, dan terakhir, penutup.

Teks eksplanasi juga dapat diartikan sebagai suatu teks atau bacaan yang dibuat untuk memberikan penjelasan mengenai suatu akibat dari peristiwa yang telah terjadi sebelumnya, yang memicu kemunculan dari sesuatu yang lain, setelah peristiwa itu terjadi. 

Teks eksplanasi berkaitan erat dengan peristiwa yang terjadi di alam serta peristiwa yang terjadi di lingkungan sosial, seperti tentang terjadinya musibah banjir, terjadinya fenomena hujan, dan terjadinya kebakaran hutan.


Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi hingga Langkah Penyusunan


Ciri – ciri Teks Eksplanatif

Ciri – ciri teks eksplanatif atau teks eksplanasi  ini, yaitu.
  • Kata yang digunakan adalah kata kerja aksi.
  • Frasa yang digunakan adalah frasa nominal atau frasa adverbial.
  • Nomina yang digunakan merupakan nomina umum dan nomina abstrak.
  • Konjungsi yang digunakan yaitu konjungsi waktu dan konjungsi yang berupa sebab dan akibat.
  • Membahas mengenai peristiwa atau fenomena yang sifatnya keilmuan.
  • Menggunakan sequence markers, adalah penggunaan kata, pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
  • Memiliki sifat informatif, tetapi tidak memiliki tujuan memberikan pengaruh kepada pembaca agar mempercayai pembahasan yang disajikan pada teks tersebut.
  • Informasi yang ditulis dalam teks eksplanatif bersifat fakta.



Struktur Teks Eksplanatif

Adapun struktur teks eksplanatif, terdiri dari tiga hal. Yakni :
  • Pernyataan umum atau yang juga disebut sebagai general statement. Bagian ini adalah bagian yang menjadi pembuka dalam teks eksplanatif, atau sebagai pernyataan pertama dalam teks. Pernyataan umum dibuat untuk memberikan informasi mengenai topik permasalahan yang hendak dibahas di dalam teks. Topik permasalahan adalah gambaran umum mengenai apa, mengapa peristiwa tersebut dapat terjadi. Di dalam bagian pembukaan teks ini, bahasa yang digunakan harus bersifat menarik. Tujuannya adalah agar pembaca memiliki rasa penasaran sehingga mau membaca bagian – bagian selanjutnya yang ada di dalam teks.
  • Deretan penjelas, atau juga disebut dengan sequence of explanation. Bagian ini memberikan penjelasan lebih mendalam, yang berhubungan dengan topik yang dibahas di dalam teks. Fungsi dibuatnya bagian ini adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimana yaitu urutan dari sebab dan akibat sehingga suatu fenomena dapat terjadi. 
  • Bagian akhir, atau yang juga disebut dengan closing. Pada bagian teks eksplanasi ini, penulis melakukan penarikan kesimpulan berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di bagian bagian sebelumnya. Pada bagian penutup ini, penulis juga dapat memberikan tanggapan atau saran mengenai topik yang sedang dibahas.


Jadi, seperti itulah mater mengenai pengertian teks eksplanasi, ciri ciri teks eksplanasi, serta struktur teks eksplanasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:
https://portal-ilmu.com/teks-eksplanasi/
http://www.pelajaran.click/2016/01/memahami-aneka-jenis-teks.html
© 2017 MTB - Template Created by goomsite