Pengertian Teks Iklan, Struktur, Ciri – ciri dan Fungsinya

Apakah kamu sedang belajar bahasa Indonesia? Jika ya, maka kamu akan menemui materi teks iklan. Nah, kali ini kita akan belajar mengenai pengertian teks iklan, struktur teks iklan, ciri – ciri teks iklan dan fungsi teks iklan. Simak baik –baik ya.
Pengertian Teks Iklan, Struktur, Ciri – ciri dan Fungsinya

Pengertian Teks Iklan
Pengertian teks iklan merupakan suatu media komunikasi yang dianggap efektif bagi produsen untuk digunakan dalam menawarkan barang atau jasa yang sedang diproduksi atau hendak dipasarkan.  


Barang dan jasa yang diproduksi tersebut tentunya ditujukan untuk masyrakat umum sebagai komoditas atau barang dagangan. Biasanya, ketika membuat teks iklan, maka produsen berusaha untuk membuat teks iklan yang semenarik mungkin. Tujuannya adalah supaya orang lain yang melihatnya bersedia membeli atau menikmati barang atau pun jasa yang ditawarkan.



Jika seorang pembaca tertarik pada teks iklan yang ditawarkan, penjual barang atau jasa tersebut tentunya bisa mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan yang dilakukan.

Berbagai produk dapat ditawarkan dengan menggunakan teks iklan. 


Namun, tentunya tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen atau masyarakat umum. Sebab, jika seorang produsen menjual produk yang tidak memiliki manfaat bagi masyarakat, maka produk tersebut dapat gagal mendapat tempat di pasar.



Teks iklan dapat dijumpai, di berbagai tempat, seperti di televisi, radio, baliho, internet, pamflet dan sejenis papan reklame lainnya. Masing –masing media memiliki keuntungan dan kelemahannya tersendiri.


Simak juga: Pengertian Teks Eksemplum, Karakteristik, Struktur, dan Ciri – cirinya

Struktur Teks Iklan
Struktur teks iklan terdiri dari :
  1. Judul adalah bagian paling penting di dalam teks iklan. Umumnya, judul berada pada bagian atas teks iklan atau di tempat paling mencolok. Orang atau pembaca akan pertama kali melihat judul iklan terlebih dahulu. Namun, ada pula iklan yang tidak menampilkan judul dalam teks iklan yang ditampilkannya.
  2. Nama produk atau jasa. Bagian dalam teks iklan ini fungsinya dalah untuk mengenalkan barang atau jasa kepada konsumen. Tujuan bagian ini adalah agar pembaca atau konsumen mengetahui dan memahami nama dan jenis barang atau jasa yang ditawarkan dalam iklan.
  3. Deskripsi adalah bagian yang memberikan penjelasan lengkap mengenai barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Kalimat yang ditulis pada bagian deskripsi harus menarik dan bertujuan untuk mengajak orang lain, sehingga bersedia membeli barang atau jasa tersebut.

Ciri – Ciri Kebahasaan dari Teks Iklan
Ciri –ciri teks iklan ditinjau dari kebahasaan, yaitu sebagai berikut.
  1. Kalimat yang digunakan berupa kalimat slogan. Slogan sama halnya dengan motto, yang dapat dengan mudah melekat pada pikiran seseorang. Slogan juga dapat diartikan motto.
  2. Kalimat dalam teks iklan bersifat membujuk atau persuasif.

Fungsi Teks Iklan
Fungsi teks iklan adalah :
  1. Teks iklan berfungsi informatif. Artinya, berperan untuk memberikan informasi pada khalayak umum terkait barang atau jasa yang ditawarkan. 
  2. Teks iklan berfungsi kontaktif. Artinya, teks iklan berperan untuk membangun hubungan dengan pembaca, atau untuk  hubungan dengan pembaca agar terpengaruh, sehingga bersedia membeli atau memanfaatkannya
  3. Teks iklan berfungsi apelatif. Artinya, di dalam teks iklan perlu disebutkan nama, baik nama produk barang maupun jasa yang ditawarkan, sehingga perusahaan atau lembaga yang bertanggung jawab terhadap penayangan iklan tersebut, tempat dimana pembaca dapat menemukan barang atau jasa yang diiklankan, sehingga memudahkan pembaca melalukan pencarian.

Demikianlah materi yang disajikan mengenai pengertian teks iklan, struktur teks iklan, ciri – ciri teks iklan dan fungsi teks iklan. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Sumber:
https://portal-ilmu.com/teks-iklan/
© 2017 MTB - Template Created by goomsite