Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Struktur dan Ciri – ciri Teks Prosedur Kompleks

Kita akan banyak mempelajari tentang teks prosedur kompleks dalam bahasa Indonesia. Kali ini, yang akan membahas mengenai pengertian teks prosedur kompleks, struktur teks prosedur kompleks, serta ciri ciri teks prosedur kompleks.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Pengertian teks prosedur kompleks adalah suatu jenis teks yang dibuat dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai, di mana di dalam teks tersebut terdapat tahapan – tahapan atau langkah – langkah yang harus dicapai oleh para pembacanya.

Di dalam teks prosedur kompleks juga terdapat keterangan – keterangan yang menunjukkan adanya kekompleksan dari penjelasan yagn disajikan.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Adapun struktur dari teks prosedur kompleks, yaitu sebagai berikut :

  1. Tujuan, yang diartikan sebagai maksud atau kehendak yang ingin dicapai penulis.
  2. Langkah – langkah, yang merupakan susunan tata cara dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan penulis. Pada bagian ini, terdapat bahan maupun alat yang digunakan untuk memfasilitasi pencapaian tujuan.

Struktur ini harus dimuat dalam teks prosedur kompleks, karena di dalamnya harus bisa memberikan gambaran tentang langkah – langkah dari tindakan yang harus dilakukan pembaca.

Simak juga: Pengertian Teks Eksplanasi, Ciri – ciri, dan Struktur Teks Eksplanasi

Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Adapun ciri – ciri kebahasaan teks prosedur kompleks, yakni sebagai berikut :

  1. Menggunakan partisipan secara umum, yaitu semua individu yang terlibat atau berperan serta atau mengikuti atau yang mengambil andil bagian dalam kegiatan yang dilakukan tersebut, yang biasanya adalah manusia. Contohnya: siswa, guru, dan orang tua.
  2. Menggunakan dua verba, yakni verba material dan verba tingkah laku. Verba material adalah yang berhubungan dengan tindakan fisik dari peristiwa. Sedangkan verba tingkah laku adalah yang berhubungan dengan sikap yang dinyatakan dalam ungkapan. Contoh verba material yaitu meringkus, sedangkan contoh verba tingkah laku adalah menghadang dan menerima.
  3. Menggunakan konjungsi temporal yang berpedoman pada urutan waktu. Penggunaan konjungsi temporal, misalnya menggunakan kata- kata pertama, keempat, dan kesebelas.
  4. Menggunakan kohesi atau rujukan. Kohesi atau rujukan adalah suatu kata yang digunakan dalam kalimat yang dapat merujuk pada fungsi subjek atau objek. Ciri – ciri kohesi rujukan, umumnya berwujud pronomina dia, kamu, aku, dan hal itu.
  5. Kalimat yang digunakan mengandung kalimat imperatif, deklaratif, dan interogratif, yang masing – masing dari kalimat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

o Kalimat imperatif adalah kalimat yang berisi tentang perintah untuk melakukan tindakan.
o Kalimat deklaratif adalah kalimat yang membicarakan tentang untuk memberikan sesuatu kepada pendengar maupun pembaca.
o Kalimat interogratif adalah suatu kalimat yang isinya tentang pertanyaan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks prosedur kompleks, struktur dan ciri – ciri teks prosedur kompleks yang disajikan dalam teks ini. Semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.porosilmu.com/2016/10/teks-prosedur-kompleks-lengkap.html
http://putrisaradiva.blogspot.co.id/2014/10/teks-prosedur-kompleks-tentang-cara.html
© 2017 MTB - Template Created by goomsite