Pengertian Teks Ulasan dan Ciri – Cirinya

Apakah kamu pernah mendengar mengenai teks ulasan? Kali ini, kita akan mempelajari salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia, yakni teks ulasan, yang meliputi pengertian teks ulasan dan ciri ciri teks ulasan.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan juga biasa disebut sebagai review text. Pengertian teks ulasan sendiri adalah salah satu jenis teks yang di dalamnya memuat informasi berupa pembahasan atau memberikan ulasan mengenai suatu karya seni atau karya yang dihasilkan oleh orang lain.

Ada banyak karya yang dapat di ulas dalam teks ulasan, antara lain seperti film, buku, dan karya seni. Pengulasan terhadap karya karya tersebut, berhubungan dengan kelebihan dan kekurangan karya – karya yang dirasa penting untuk diketahui masyarakat umum. Teks ulasan juga biasa disebut sebagai resensi.

Adapun pengertian teks ulasan lainnya, menyatakan bahwa teks ini merupakan suatu teks yang isinya mengenai ulasan atau penilaian terhadap suatu karya tertentu, baik berupa drama maupun berupa film.

Untuk menilai tentang suatu karya, diperlukan keterampilan untuk berpikir kritis, baik untuk mengkritisi drama maupun film. Ini karena adanya penilaian yang kritis akan memberikan masukan bagi drama atau film tersebut, sehingga dapat diproduksi menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Pengertian dan Bagian Teks Anekdot

Ciri – Ciri Teks Ulasan

Ciri – ciri teks ulama yang harus diperhatikan, yakni :

1# Teks ulasan dibuat dengan tujuan yang bersifat komunikatif. Artinya teks ulasan ini disusun dalam rangka memberikan kritikan terhadap suatu kejadian atau peristiwa atau suatu karya seni tertentu, yang dibuat untuk dibaca khalayak umum.

2# Teks ulasan dibuat dengan mengikuti sistematika penulisan tertentu, meliputi : Orientasi, Evaluasi, Interpretasi, dan Ringkasan.

3# Teks ulasan memiliki ciri – ciri kebahasan yang khas, meliputi

  1. Partisipan yang dipilih memiliki sifat spesifik, atau fokus pada partisipan tertentu.
  2. Klausa yang digunakan adalah klausa yang kompleks atau dapat juga disebut sebagi klausa yang panjang.
  3. Gaya bahasa yang digunakan di dalam teks ulasan adalah metafora.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian teks ulasan dan ciri ciri teks ulasan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber:
http://www.pelajaran.click/2016/01/memahami-aneka-jenis-teks.html
https://portal-ilmu.com/teks-ulasan-pengertian-ciri-ciri-dan-contoh/
© 2017 MTB - Template Created by goomsite