Pengertian dan Bagian Teks Anekdot

Bahasa Indonesia juga banyak mempelajari teks anekdot. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian teks anekdot dan bagian teks anekdot.

Pengertian Teks Anekdot

Pengertian Teks anekdot dapat dipahami sebagai salah satu bentuk continous text. Menurut Tim Guru Eduka (2015), pengertian teks anekdot adalah suatu cerita singkat yang menarik, karena mengandung unsur lucu dan mengesankan, yang umumnya berkisah tentang orang penting atau orang terkenal dan berdasarkan pada kejadian sebenarnya.

Perkembangan zaman, menyebabkan teks anekdot menjadi sebuah pembuka atau bumbu di dalam sebuah pidato. Tujuan anekdot di dalam pembuka pidato untuk menciptakan suasana yang lebih rileks yang terkadang dapat juga bersifat sindiran alami.

Arti lain anekdot, adalah sebuah teks yang berisi mengenai pengalaman seseorang yang tidak biasa, dan disampaikan dengan tujuan agar dapat menghibur pembaca maupun pendengarnya.

Simak juga: Pengertian Teks Cerita Fiksi, Struktur teks cerita fiksi, dan Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Fiksi

Bagian Teks Anekdot

Menurut Afif (2010), teks anekdot sebetulnya memiliki kemiripan dengan teks recount. Pada kedua teks tersebut isinya berpa laporan mengenai peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang dialami seseorang. Hanya saja, perbedaannya pada teks anekdot umumnya diakhiri dengan hal – hal yang lucu atau plesetan.

Adapun bagian dari teks anekdot menurutaTim Guru Eduka (2015), meliputi
  1. Abstrak yang merupakan bagian yang terletak pada awal paragraf. Fungsinya adalah untuk memberi gambaran mengenai isi teks. Umumnya, bagian abstrak menunjukkan tentang hal yang unik yang ada dalam teks. Afif (2010) menyatakan abstrak berisi isyarat tentang apa yang diceritakan yakni kejadian yang tidak biasa, aneh, atau rangkuman menegnai apa yang akan diceritakan atau opsional. 
  2. Orientasi adalah suatu bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang mengenai peristiwa dapat terjadi. Umumnya, penulis bercerita mendetail di bagian ini. Orientasi juga merupakan pendahuluan yang memuat pengenalan untuk tokoh, waktu, dan tempat. 
  3. Krisis adalah bagian teks yang memuat terjadinya suatu hal atau masalah unik atau tidak biasa pada penulis atau orang yang diceritakan. 
  4. Reaksi adalah bagian pada teks yang memuat tentang bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang muncul di bagian krisis sebelumnya. 
  5. Koda adalah bagian di akhir cerita yang unik, yang dapat juga berupa kesimpulan mengenai kejadian yang dialami penulis atau orang yang dituju. Koda juga merupakan perubahan yang terjadi pada tokoh cerita. 
  6. Kejadian atau event, adalah rangkaian peristiwa atau kejadian, yang terletak di bagian sebelum krisis. 
Jadi, seperti itulah pengertian teks anekdot serta bagian bagian teks anekdot yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat.

© 2017 MTB - Template Created by goomsite